Pasang Rak Dinding, Cara Cerdas Mempercantik Interior

Pasang Rak Dinding, Cara Cerdas Mempercantik Interior – Rak dinding dapat digunakan sebagai salah satu komponen dalam dekorasi interior pada dinding. Hal utama dalam dekorasi dinding adalah rancangan yang bersifat tiga dimensi.

rak dinding minimalis

Sebagian besar dekorasi dinding bersifat dua dimensi seperti foto dan hiasan dinding yang sifatnya datar. Di sinilah fungsi rak dinding yang dapat memberikan variasi ruang di dinding.

Rak dinding dapat difungsikan untuk aestetik keindahan atau fungsional. Sebagai fungsi aestetik, rak dinding dapat digunakan sebagai lokasi untuk meletakkan hiasan-hiasan cantik atau bahkan sebagai tempat menyusun foto-foto sehingga tampil lebih menarik.

 

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mendesain interior rumah anda menggunakan rak dinding.

 

Di mana lokasi terbaik untuk memasang rak dinding?

Lokasi untuk memasang rak dinding memang membutuhkan kecermatan. Karena setiap rumah memiliki desain interior yang berbeda, lokasi memasang rak dinding yang pas bisa berbeda antar setiap rumah. Akan tetapi ada beberapa tips untuk memilih lokasi yang tepat.

Tips yang pertama adalah menghindari memasang rak dinding di bagian dinding yang luas tanpa ada benda lain disekitarnya.

Oleh karena itu lokasi yang pas untuk memasang rak dinding adalah di bagian ruangan yang terdapat furniture atau perlengkapan lain seperti rak atau meja.

Contoh yang paling mudah adalah memasang rak di atas meja kerja dan meja televisi. Selain itu rak dinding juga cocok dipasang di dinding sempit yang mudah dijangkau, contohnya di atas toilet.

Di lokasi ini bisa di pasang rak dinding yang dapat digunakan untuk tempat hiasan seperti tanaman palsu atau tempat tisue karena mudah dijangkau.

 

Seberapa tinggi sebaiknya rak dinding dipasang?

Posisi yang pas dalam memasang rak dinding dapat disamakan dengan pemasangan karya seni, yaitu dipasang sejajar dengan tinggi mata orang dewasa, sekitar 120 – 150 cm dari lantai. Jika rak dinding dipasang di atas furniture seperti meja atau sofa, berikan jarak sekitar 25 cm.

Akan tetapi perhitungan tersebut tidak pakem karena tinggi rak dinding bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi interior rumah anda.

Contohnya rak dinding yang dipasang di kamar anak baiknya dipasang agak rendah agar si anak dapat menjangkaunya serta dapat serasi dengan furniture di kamar anak yang cenderung kecil.

Bahaya memasang rak dinding di lokasi yang tidak tepat

Bentuknya yang kecil dan berada di tengah-tengah dinding, sangat berpotensi mudah tertabrak. Untuk menghindarinya, sebaiknya jangan memasang rak dinding di lorong atau lokasi yang sering dilewati anggota keluarga.

Jika terburu-buru terkadang ujung rak dinding dapat menggores kulit dan menyebabkan luka.

Apalagi jika anda memiliki anak yang sedang belajar berjalan, sebaiknya memasang rak dinding di posisi yang relatif tinggi dari jangkauan anak agar terhindar dari bahayanya. Untuk mengamankan, tambahkan bantalan atau karet pada ujung rak dinding.

Itulah beberapa tips dalam mendekorasi interior rumah dengan rak dinding. Meskipun terbilang furniture kecil, rak dinding dapat mempercantik interior rumah jika dipasang dengan tepat.

Jangan lupa, untuk mempercantik interior, sebaiknya anda memilih rak dinding yang memiliki warna senada dengan dinding atau warna dominan dari ruangan yang akan di pasang.

Selain itu terdapat beragam model rak dinding yang unik dan cantik dari yang standar berupa lembaran persegi panjang, hingga bentuk-bentuk cantik dengan uliran dan rak dinding berlapis.

Dengan sedikit kreatifitas dan imajinasi, rak dinding dapat menjadikan interior rumah tampak lebih menawan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.